Pelatihan Pemrograman Golang demi Masa Depan Gemilang

Foto : Arya A. Budiman

 

Tanggal 20 hingga 24 Oktober 2021, Direktorat Sistem Informasi dan Digitalisasi (DSID) Universitas Airlangga mengadakan pelatihan Golang yang bertempat di ruang Integrasi, Pengembangan Sistem, dan Keamanan Data DSID Universitas Airlangga. Pelatihan tersebut bertujuan untuk melakukan transfer knowledge dan simulasi bahasa pemrograman Golang dari Google yang menerapkan konsep arsitektur microservice .

 

Rachman Sinatriya M., B.Eng., M.Sc., Kasubdit Pengembangan Sistem DSID, mengatakan, “Permasalahan yang sering dialami adalah ketika mahasiswa mengambil KRS secara bersamaan, server cybercampus menjadi down , melalui pelatihan ini akan memecahkan masalah dengan membangun arsitektur microservice , yakni memisahkan front-end (tampilan) dan back-end (algoritma), karena selama ini dua hal tersebut masih menjadi satu atau monolitik.Kedepannya server back-end dapat melakukan auto scalling, yaitu secara otomatis akan menambah jumlah server dan server kembali berkurang ketika jumlah akses mulai menurun .

 

Perubahan dari monolitik menjadi layanan mikro melalui pelatihan ini merupakan bentuk komitmen DSID Unair untuk terus meningkatkan kualitas layanan TI di Universitas Airlangga.

 

Oleh : Moh. Masrudin Firdiyansyah

 

Scroll to Top