Kampus dengan Teknologi Informasi terbaik

Universitas Airlangga memiliki visi dan misi terbaik salah satunya adalah dengan mewujudkan kampus dengan teknologi informasi terbaik untuk memberikan layanan excelence bagi seluruh civitas akademika dan stake holder. Dengan salah satu Direktorat yang ada di Universitas Airlangga, Direktorat Sistem Informasi dan Digitalisasi adalah salah satu Direktorat yang mengemban tugas dalam meningkatkan layanan Sistem Informasi.

Direktorat Sistem Informasi dan Digitalisasi

Berawal dengan nama PUSKOM yang berada di kampus B, Universitas Airlangga mengembangkan sistem informasi dengan memiliki sebuah website yang berisikan tentang apa yang ada di Universitas Airlangga. Pada tahun 2004 kemudian PUSKOM bertransformasi menjadi DSI (Direktorat Sistem Informasi) dengan mengembangkan satu sistem dengan nama cybercampus.

Cybercampus

Dengan adanya cybercampus, semua kegiatan akademik menjadi lebih mudah dan nyaman. Proses registrasi mahasiswa baru, sampai dengan proses mahasiswa menjadi alumni sudah tercatat dengan baik. Segala informasi dapat diakses tanpa batasan waktu dimana saja dan kapan saja.

eLearning HEBAT

Dengan adanya pandemi, Direktorat Sistem Informasi memberikan layanan premium dengan membuat suatu sistem elearning dengan nama HEBAT dimana untuk proses PBM (Proses Belajar Mengajar) bisa dilakukan secara online. Dipadukan dengan online meeting seperti zoom google meet dan berbagai macam tatap muka secara virtual seluruh kegiatan bisa dilakukan secara online.

Teknologi Kubernetes

Dengan semakin banyaknya pengguna online di Universitas Airlangga, mau tidak mau harus mengadopsi teknologi yang terbaru. Pada tahun 2022 Direktorat Sistem Informasi mulai menggunakan teknologi Kubernetes dimana teknologi ini mampu untuk melayani berapapun pengguna sebuah aplikasi online. Sebagai contoh ketika pada prosesi KRS dimana seluruh mahasiswa yang ada di Universitas Airlangga mengambil mata kuliah yang akan di ampu pada semester yang akan datang.

Penggunaan teknologi kubernetes ini sudah berhasil di implementasikan pada sistem cybercampus, dan akan diuji cobakan pada sistem eLearning HEBAT yang biasanya banyak digunakan oleh mahasiswa ketika proses belajar mengajar maupun pada saat proses Ujian Online.

Universitas Airlangga berusaha memberikan layanan yang terbaik dengan mengadopsi teknologi terbaru yang mampu untuk menunjang proses operasional yang ada di kampus.

Scroll to Top