Ingin Sebarkan Konten Berkualitas, DSI Gelar Workshop

Rabu (7/8) kemarin, Direktorat Sistem Informasi (DSI) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar workshop optimasi konten. Kegiatan ini digelar, untuk memberi bekal kepada setiap Koordinator Informasi dan Humas (KIH) yang tersebar di beberapa Fakultas, agar mampu meningkatkan kualitas konten pada Website masing-masing.

Bertempat di East Ballroom 3, Hotel Oakwood, Surabaya, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas, Wakil Direktur Pascasarjana, KIH Fakultas/Unit Kerja, serta perwakilan dari Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR.

Monitoring Kinerja Web Fakultas

Badrus Zaman, S.Kom., M.Cs., selaku Direktur Sistem Informasi (DSI), mengatakan bahwa para Wakil Dekan III dapat melakukan monitoring terhadap capaian updating konten yang ada di fakultas masing-masing. Direktur SI UNAIR juga berharap, agar setiap Fakultas dapat meningkatkan capaiannya. Setidaknya hingga 50% dari posisinya saat ini.

“Jadi tolong kami dibantu memonitor! Saat ini bagi Fakultas yang masih berada di bawah target, mohon agar dibantu untuk meningkatkannya,” papar Direktur SI UNAIR.

Banyaknya konten, diharapkan akan dapat memenuhi capaian openness dan excellence. Setiap fakultas, terlihat sudah memberikan peningkatan presence. Namun dengan peningkatan kualitas konten, maka capaian impact dan excellence diyakini akan terkerek naik.

Menurutnya, Fakultas dapat membantu Universitas melalui kontribusi kekayaan konten dari Web Fakultas masing-masing. Lebih jauh, domain unair.ac.id akan mengalami peningkatan kinerja, ketika dibantu oleh sub domain yang berada di bawahnya.

UNAIR Alami Kenaikan Peringkat

Sementara itu Wakil Rektor IV, Junaidi Khotib, S.SI., M.Kes., Ph.D., Apt. juga menyampaikan bahwa kekayaan konten Web, diharapkan dapat mencerminkan posisi Universitas yang sesungguhnya.

Saat ini, Universitas Airlangga menduduki peringkat 5 besar nasional. Dalam publikasi yang dikeluarkan oleh QS World University Ranking, UNAIR menduduki peringkat 651-700 dunia. “Sudah semestinya peringkat kita di tempat lain, juga baik,” demikian ungkap Wakil Rektor IV UNAIR.

Seperti diketahui, pada edisi bulan Juli 2019 ini, posisi UNAIR mengalami kenaikan. Pada pemeringkatan Webometrics, saat ini UNAIR menduduki peringkat 9 nasional.  Sedangkan untuk tingkat dunia, UNAIR menempati posisi ke-1.716 dunia.

“Tentu kita sangat berbahagia. Di satu sisi sangat bahagia, di sisi yang lain kita tentu (merasa, Red.) apakah ada beban atau tantangan. Kenapa? Karena kita sudah berjalan ke sana. Kalau kita sudah berjalan ke sana, kita tidak boleh mundur. Ketika Universitas Airlangga menetapkan bahwa kita sudah menjadi terkemuka secara nasional dan internasional, berarti mau tidak mau, tuntutan Universitas Airlangga menjadi bagian dalam Perguruan Tinggi yang punya reputasi dalam 500 besar dunia ini, harus kita dukung, untuk bisa kita capai bersama-sama,” terang Junaidi Khotib, Ph.D., ketika menghadiri agenda workshop.

Sebarkan Konten Berkualitas

Melalui kekayaan konten yang dimiliki, UNAIR berharap dapat turut membagikan pengetahuan yang dimiliki. Selama ini, banyak karya ilmiah yang berada di Perpustakaan dan repository. Namun akibat belum digubah dalam bahasa yang populer, maka persebarannya masih rendah.

Dengan memanfaatkan Website Fakultas, diharapkan setiap kekayaan intelektual yang ada, dapat disebarkan kepada masyarakat luas. Melalui website, setiap konten berkualitas akan dimungkinkan untuk dapat tersebar dengan lebih cepat.

Pada tahap selanjutnya, DSI mengajak kepada seluruh KIH untuk turut melakukan optimasi terhadap kekayaan konten pada Website masing-masing. Ketika konten berkualitas juga telah dapat terindeks dengan baik oleh search engine, maka diyakini akan dapat meningkatkan reputasi Universitas.

Pada akhir kegiatan workshop, DSI memberikan apresiasi kepada 3 Web Fakultas terbaik. Kala itu, perwakilan dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Hukum, berkesempatan mendapat apresiasi. “Itu kita pilih berdasarkan prosentase capaian, dan kuantitas halaman pada Web masing-masing,” tukas Badrus Zaman, M.Cs.

Scroll to Top