Sosialisasi IdREN di Universitas Airlangga

Pada tanggal 03 Oktober 2018 pukul 13.00 bertempat di Ruang Sidang Pleno Lt 3 Kantor Manajemen Universitas Airlangga, Telkom dan Universitas Airlangga mengadakan sosialiasi IdREN dengan mengundang  Wakil Dekan III dan USI dari seluruh fakultas di Universitas Airlangga.

Awal mula keberadaan IdREN berawal di tahun 2015, 5 perguruan tinggi yaitu UI, ITB, UGM, ITS, dan UB menginisiasi pembentukan Indonesia Research Education Network (IdREN) didukung oleh operator Telkom. Dengan dukungan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas jaringan pendidikan tinggi di Indonesia, membentuk infrastruktur yang kelak akan menjadi wadah kolaborasi antar Perguruan Tinggi dalam kegiatan pembelajaran (daring), penelitian, dan pemanfaatan bersama sumber daya maupun konten.

IdREN memiliki 5 komponen platform yaitu Industri, Lembaga Riset, Media, Pemerintah dan Universitas. Sinergi yang baik dari 5 komponen tersebut akan meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Pemanfaatan IDREN meliputi sharing dan kolaborasi untuk berbagi pakai sumber daya pembelajaran berupa bahan perkuliahan, bahan pustaka, software, akses jaringan, journal online dan HD videoconference.

 

sumber :

http://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/11/24/mewujudkan-jaringan-akademisi-melalui-idren/

https://idren.id/

Scroll to Top